pasar modal

Pasar Modal

Pasar modal yang efisien adalah pasar modal yang harga sekuritasnya telah mencerminkan informasi yang relevan. Foster (1986); adanya jumlah analisis keuangan yang banyak dan persaingan antar mereka, akan membuat sekuritas wajar dan mencerminkan semua informasi yang relevan.

Dua tipe analis investasi tentang perubahan harga saham:
1. Fundamental analysis
Analis yang mempelajari bisnis perusahaan dan mencoba membuka informasi tentang profitabilitas yang akan memberikan informasi baru terhadap harga saham

2. Technical Analysis
Analis yang mempelajari catatan harga dimasa yang lalu dan mencari siklus-siklus tertentu dari perubahan harga diwaktu yang lalu.

Tiga bentuk teori pasar modal yang efisien.
1. Weak form efficiency
Bentuk pasar modal yang harga-harganya sudah mencerminkan semua informasi yang ada pada catatan harga diwaktu yang lalu.

2. Semi strong form efficiency
Bentuk pasar modal yang harga-harganya bukan hanya mencerminkan harga diwaktu yang lalu tetapi semua informasi yang dipublikasikan (public information : penerbitan saham baru, pengumuman laba dan dividen, perkiraan tentang laba perusahaan, perubahan praktek-praktek akuntansi, merger, pemecahan saham)

3. Strong form efficiency
Bentuk pasar modal dimana harga tidak hanya mencerminkan semua informasi yang dipublikasikan tetapi juga informasi yang bisa diperoleh dari analisa fundamental tentang perusahaan dan perekonomian.

Capital Asset Pricing Model (CAPM)
Ada hubungan yang positif dan linier antara tingkat keuntungan yang dipandang layak (r) dengan risiko. CAPM mendasarkan diri pada teori portofolio (sekumpulan sekuritas).
Markowitz (1952), Van Horne (1989) ; bahwa pemodal di bursa melakukan diversifikasi (membentuk portofolio) karena ingin mengurangi risiko.

Risiko dalam teori portofolio di definisikan sebagai deviasi standar dari tingkat keuntungan / seberapa jauh kemungkinan nilai yang diperoleh menyimpang dari nilai yang diharapkan (expected value)

bagian resiko yangtidak bisa dihilangkan dengan diversifikasi disebut risisko sistematis, sedangkan risisko yang bisa dihilangkan dengan diversifikasi disebut risiko tidak sistematis.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2253799-pasar-modal/#ixzz1kTNggQ3J